Minggu, 17 Agustus 2014

Temenan Yuk!

Kadang suka heran juga sih yaa kalo denger orang yang hobinya ngomongin oranglain. kayak gak ada kerjaan lain aja gitu. hehee. Kayak saya sekarang yang lagi ngomongin dia.. :D
saya pribadi, punya temen yang tiada hari tanpa ngomongin orang. adaaaa aja bahan omongannya. Padahal yah kalo mau tahu, saat kita ikut nimbrung sama orang-orang yang lagi ngomongin orang itu, suatu hari kita gak ikut kumpul, jelas pasti kitalah yang jadi bahan omongan mereka. gak percaya? coba aja.. :D

Pasti ada yang mengalami kayak gini : "tapi kalo saya gak nimbrung sama mereka (red:orang yang suka ngomongin oranglain), nanti dikira gak gaul, nanti dikira gak asik dan gak punya temen.."
duh.. hellloooo.. emang manusia didunia ini cuma mereka aja?
pernah baca hadist Nabi Muhammad SAW yang kurang lebih gini gak isinya : "Jika kita berteman dengan penjual minyak wangi, kita akan ikut tercium wanginya. tapi kalo berteman dengan penjual abu gosok, kita akan tercium bau abu gosok"

Berteman itu harus pilih-pilih. loh, bukannya berteman harus dengan siapa aja Er?
Maksutnya pilih disini adalah kita yang menentukan lingkungan pertemanan. Mau baik, yaa berteman dengan orang-orang atau komunitas yang suka melakukan kebaikan dan tujuan yang jelas. Contoh : Kelab Penulis Muda (heheee.. ini promo banget deh :D), Pejuang Subuh (biasanya kajian di Ahad pertama setiap bulannya di Masjid Baitul 'Ilmi/samping Balai Kartini) atau bisa juga ikut-ikut seminar-seminar Bisnis/Komunitas-komunitas Bisnis kayak JCI (Junior Cumber International), KPMI (Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia) ini ada Grup nya juga di FB, atau Smartpreneur, dan lain-lain. 
Tapi lingkungan kerja dan kampusku yaa mereka-mereka yang kadang suka foya-foya dan bicara seenaknya Er..
nah untuk kasus seperti ini, saya kira tetap positive thinking pada Allah. kenapa? mungkin Allah mengirimkan teman-teman yang seperti itu kepada kita bisa jadi karena kita sendiri yang (maaf) seperti mereka, atau kita dikirim ke lingkungan seperti itu sebagai ladang pahala dan dakwah. iyaa dakwah, mengajak kepada kebaikan. dakwah itu kan kewajiban setiap insan, gak cuma wajib dilaksanain sama Pak Kyai dan Pak Ustadz aja loh..
"Tidaklah aku ciptakan Jin dan Manusia kecuali untuk beribadah kepada-Ku.." (maaf saya lupa Surat dann ayat berapa) dakwah = beribadah juga kan? yup!

Menurut teman saya yang juga seorang Penulis, Pembicara dan Pebisnis Muda asal Makassar (Sarwandi Eka Srbini), karakter seseorang dapat dipengaruhi dengan 4 hal :
1. Dengan SIAPA dia berteman?
2. MUSIK apa yang biasa dia dengarkan?
3. TONTONAN apa yang biasa dia lihat?, dan 
4. BUKU apa yang biasa dia baca?

Semoga kita semua bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Sehat, Muda Karya Raya dan Sukses Berkah Dunia Akhirat. aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar